Pengertian Bahasa Iklan
Pengertian iklan :
• Berasal dari bahasa Yunani , kurang lebih pengertiannya “ mengiring orang pada gagasan “
•
Secara komprehensip “ semua bentuk aktivitas untuk memperkenlakan dabn
mempromosikan ide, barang, atau jasa secara non personal tentang suatu
produk, merek, perusahaan, atau toko.
• Iklan ialah promosi barang, jasa, perusahaan dan ide yang harus dibayar oleh sebuah sponsor.
•
Iklan merupakan suatu investasi ekonomis, dan bagi kebanyakan
perusahaan dan organisasi non profit, iklan merupakan sebuah investasi
yang dianggap sangat menguntungkan. (Shimp, 2000)
•
Iklan memiliki berbagai macam jenis, berdasarkan sifatnya iklan
dibedakan atas iklan niaga dan nonniaga. Iklan niaga dibuat untuk
mempengaruhi khalayak/masyarakat supaya tertarik untuk memiliki,
membeli, dan mengunakan produk yang diiklankan. Iklan nonniaga/layanan
masyarakat dibuat untuk menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat
mempunyai rasa simpati atau memberikan dukungan terhadap hal yang
diiklankan.
•
Berdasarkan tujuan, iklan dibedakan atas iklan penawaran/permintaan dan
iklan pengumuman. Sedangkan berdasarkan ruang (space), iklan dibedakan
iklan baris dan displai. Iklan baris adalah iklan yang menggunakan
bahasa singkat dan padat. Iklan baris biasanya disusun berdasarkan
golongan yang sama. Misalnya: iklan penjualan rumah masuk dalam kolom
properti atau rumah dijual.
•
Iklan lowongan pekerjaan dan mencari pekerjaan masuk golongan karier,
misalnya: pada setiap surat kabar penggolongan iklan diberi nama yang
berbeda-beda. Iklan baris memiliki beberapa komponen, yaitu: komponen
aktivitas, produk yang diiklankan, spesifikasi produk, dan identitas
pengiklan.
Pengertian Bahasa
Bahasa
dibentuk oleh kaidah aturan serta pola yang tidak boleh dilanggar agar
tidak menyebabkan gangguan pada komunikasi yang terjadi. Kaidah, aturan
dan pola-pola yang dibentuk mencakup tata bunyi, tata bentuk dan tata
kalimat. Agar komunikasi yang dilakukan berjalan lancar dengan baik,
penerima dan pengirim bahasa harus harus menguasai bahasanya.
Bahasa
adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbitrer yang dihasilkan oleh
alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat komunikasi, kerja sama dan
identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan
bahasa tulisan adalah bahasa sekunder. Arbitrer yaitu tidak adanya
hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya.
Jadi,dapat disimpulkan bahwa Bahasa Iklan itu adalah bahasa yang memiliki:
a. Penggunaan pilihan kata yang tepat, menarik, sopan, dan logis
b. Ungkapkan atau majas yang digunakan untuk memikat dan sugestif
c. Penyusunan secara singkat dan menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan
sumber :
http://awesome-gisell.blogspot.com/2010/11/pengertian-bahasa-iklan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar